SUWARTHA MADE

SUWARTHA MADE
Penen lele

Jumat, 13 Mei 2011

Panen Lele Kelompok Tani Mina Mertha


PDF Cetak E-mail
Bupati Gde Agung Dapat Lele 2 Kg

Image
Kelompok Tani Ikan Mina Mertha Br. Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal melakukan panen raya ikan lele, Jumat (9/4). Bupati Badung A.A. Gde Agung diundang untuk ikut memanen lele tersebut. Dalam panen yang disaksikan Kadis Peternakan Perikanan dan Kelautan Badung I Made Badra, Kabag Humas dan Protokol I Gede Wijaya, Camat Abiansemal IB Oka Dirga, Perbekel Darmasaba dan Kelompok Tani, Bupati Gde Agung berhasil mendapatkan seekor lele yang paling besar dengan berat hampir 2 kg. Usai panen, Bupati juga sempat mencicipi daging pecel lele hasil budidaya kelompok tersebut.
            Disela-sela panen lele, Bupati mengatakan, Kelompok Tani Ikan Mina Mertha merupakan salah satu kelompok yang cukup besar di Badung khususnya di Kecamatan Abiansemal. Hanya saja perlu kita pacu lagi peningkatan produksinya, karena sampai saat ini produksi lele di Badung baru mencapai 50 hingga 60 ton per tahunnya dari target 70 ton per tahun. “Kami harapkan tahun 2010 produksi lele dapat meningkat menjadi 70 ton per tahun, karena pasar amat terbuka,” kata Bupati. Dari itu semua, langkah-langkah yang perlu kita ambil dalam rangka meningkatkan produksi adalah ekstensifikasi. Ekstensifikasi ini merupakan perluasan dari lahan-lahan untuk peternakan ikan lele, juga memperbanyak kelompok-kelompok petani ikan lele. Yang tidak kalah pentingnya adalah upaya intensifikasi yakni meningkatkan produksi, kualitas bibit, pakan, teknologi pembudidayaan dimasing-masing kelompok itu sendiri. 
Mengenai kendala yang masih dihadapi kelompok Mina Mertha terkait belum adanya alat pengolahan pakan, Bupati menyampaikan Pemkab. Badung akan membantu mesin pengolahan pakan lele, sehingga pakan lele khususnya limbah tulang-tulang kepala ikan dapat diolah kembali untuk pakan. "Kami Pemkab Badung mendukung, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi kita akan bantu mesin pengolahan pakan lele, disamping bantuan bibit maupun pembinaan-pembinaan yang terus dilakukan," jelas Bupati.
Sementara itu Ketua Kelompok Tani Mina Mertha I Nyoman Ardana mengatakan, kelompok ini berdiri tahun 2007 dengan anggota 23 orang. Potensi lahan yang dimanfaatkan untuk kolam lele seluas 10 ha dari 54 ha luas wilayah subak yang ada. Realisasi kolam saat ini yaitu 2 ha dengan populasi bibit 10.000 ekor per are. Produksi rata-rata 3 ton per bulan atau 36 ton per tahun dengan harga Rp. 13.500 per kg. Ardana mengakui memang dalam meningkatkan produksi ikan lele, kelompoknya masih mengalami kendala terutama terhadap pengadaan pakan lele. Bahan limbah yang tersedia seperti limbah kepala ikan, kepala ayam dan limbah pertanian lainnya cukup banyak, namun menjadikan pakan lele siap pakai dan bisa disimpan lama perlu proses pengolahan. "Atas bantuan alat pengolahan limbah pakan ikan dari Pemkab. Badung, kami Kelompok Tani Mina Mertha menyampaikan terima kasih, mudah-mudahan kendala yang kami hadapi saat ini dapat terselesaikan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar