SUWARTHA MADE

SUWARTHA MADE
Penen lele

Kamis, 12 Mei 2011

PROFIL POKDAKAN BOGA SEGARA DESA ABIANSEMAL BADUNG

1.1 Latar Belakang
Kelompok Pembudidaya Ikan sebagai suatu organisasi para petani di daerah pedesaan dengan falsafah Tri Hita Karana, mempunyai peranan yang sangat penting di dalam ikut menunjang program pembangunan. Menyadari akan hal tersebut, maka kelompok Pembudidaya Ikan yang secara nyata telah dapat menunjukan peranannya. Maka usaha pemerintah secara terus menerus memberikan bimbingan dan pembinaan dari dari berbagai sektor sangat diharapkan. sehingga peranan kelompok Pembudidaya Ikan dapat ditingkatkan dan dikembangkan terus sejalan dengan kemajuan jaman. Adanya keterpaduan gerak antara masyarakat (kelompok Pembudidaya Ikan ) dengan pemerintah, kiranya apa yang menjadi cita-cita kedua belah pihak dapat segera terwujud, yaitu masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, masyarakat di Banjar Pande, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal merintis suatu organisasi yang diberi nama Kelompok Pembudidaya Ikan Boga Segara, dengan mengupayakan komoditi ikan lele. Pemilihan komoditi tersebut disebabkan oleh karena Banjar Pande terletak pada arus Transportasi yang lancar, lahan yang diperlukan untuk memelihara lele cukup tersedia di daerah tersebut, kebutuhan masyarakat terhadap lele cukup tinggi dan modal awal yang diperlukan dapat diusahakan oleh anggota kelompok. Menyadari akan potensi tersebut, maka Kelompok Boga Segara berupaya menjadikan desa Abiansemal sebagai pusat pengembangan lele di Kabupaten Badung yang nantinya dapat sebagai sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pemeliharan Lele di Desa Abiansemal sudah bersifat semi intensif yaitu pemeliharaan yang sudah memperhatikan pemilihan benih, pemberian pakan, pembuatan kolam dan mengawasi perkembangan kesehatan lele sehingga menyebabkan kematian cukup kecil. Untuk memperoleh pengetahuan tentang pemeliharaan dipandang sangat perlu untuk membentuk mencari informasi. Melalui informasi ini para pembudidaya diharapkan mampu mengembangkan budidaya lele sesuai dengan perkembangan teknologi yang tersedia.
Dilandasi dengan tuntutan dan keperluan inilah maka pada tanggal 2 September 2007, kami bersepakat untuk membentuk kelompok petani pembudidaya ikan Lele di Br. Pande Desa Abiansemal Kecamatan Abiansemal.
Kelompok ini diberi nama “ Boga Segara “, dengan jumlah anggota mula-mula 23 (Dua Puluh Tiga ) orang kemudian bertambah menjadi 27 orang yang dilengkapi dengan kepengurusan serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
Kelompok Petani Boga Segara, Banjar Pande, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal terletak pada daerah dataran rendah dengan komposisi tanah sebagian besar berupa tanah sawah di ketinggian 150 – 200 m dari permukaan laut serta luas lahan + 52 ha. Iklim di wilayah kelompok ini umumnya beriklim tropis, dan temperatur maksimum 28 ˚C sedangkan curah hujan rata-rata 200 – 300 mm per tahun. Arus transportasi atau perhubungan dari lokasi kelompok ke kota Kecamatan, Kabupaten dan Propinsi sampai saat ini masih relatif lancar dengan didukung oleh prasarana jalan yang beraspal.
Kelompok Pembudidaya Boga Segara, Banjar Pande, Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal secara terus menerus mengadakan pendekatan-pendekatan serta meminta bantuan pembinaan kepada instansi terkait mengenai budidaya Perikanan. Dari usaha – usaha yang telah dilakukan tersebut maka kemampuan kelompok yang dicapai sebagai berikut
- Tahun 2008 Kelompok Boga Segara dikukuhkan menjadi Kelas Pemula
- Tahun 2009 Kelompok Boga Segara dikukuhkan menjadi Kelas Lanjut
- Tahun 2010 Kelompok Boga Segara dikukuhkan menjadi Kelas Madya
1.2 Tujuan
Tujuan kami membentuk wadah kelompok adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sebagai proses belajar mengajar antar kelompok. Dengan terjalinnya kerja sama dalam kelompok tersebut akan dapat meningkatkan produktifitas, pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok.

1.3 Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam pembahasan ini adalah meliputi Identitas Kelompok, Kemitraan, Aspek Usaha Agribisnis Hulu, Aspek Usaha Agribisnis Budidaya, Aspek Usaha Agribisnis Hilir dan Aspek Usaha Agribisnis Kelembagaan.


2. IDENTITAS KELOMPOK

2.1 Nama Kelompok : Boga Segara
2.2 Kelas Kelompok : Madya
2.3 Jumlah Anggota : 27 orang
2.4 Alamat Kelompok :
Banjar : Pande
Desa : Abiansemal
Kecamatan : Abiansemal
Kabupaten : Badung
Propinsi : Bali
2.5 Tanggal pembentukan kelompok : 2 September 2007
2.6 Nomor dan tanggal pengukuhan : 01/XVI/Pemb/2008


2.7 Nama Ketua Kelompok : I Nyoman Ardana
2.8 Pendidikan terakhir Ketua Klp. : SMA
2.9 Tempat / tanggal lahir Ketua Klp. : Abiansemal, Tahun 1974
2.10 Status Kelompok : Swadaya
2.11 Usaha Pokok Kelompok : Perikanan Budidaya
2.12 Usaha lain kelompok : Bidang Perkebunan dan Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar